Jumat, 06 Desember 2019

ALGORITMA DAN PEMOGRAMAN

Assalamualaikum Wr. Wb.

HEYYOOOOO....

      Nama aku Shafa Hayu Apsari , Aku Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Aku disini mau menjelaskan tentang program - program komputer yang sering digunakan pada Bahasa Pemrograman C. Bahasa Pemrograman C ini dapat digunakan pada aplikasi yang mana salah satunya adalah Visual C++ atau Dev C++.

                      RANGKUMAN PRAKTIKUM ALGORITMA & PROGRAM


POKOK BAHASAN 1
Input/Output dan Jenis Data

Setiap program C++ mempunyai bentuk umum seperti di bawah, yaitu :
          # preprocessor directive
                      Void main()
                      {
                      // Batang Tubuh Program Utama
                      }
Penjelasan :
1.              Include
Adalah salah satu pengarah preprocessor directive yang tersedia pada C++. Preprocessor selalu dijalankan terlebih dahulu pada saat proses komilasi terjadi. Bntuk umumnya :
                      # include <nama_file>
Tidak diakhiri engan tanda semicolon karena bentuk tersebut bukanlah suatu bentuk pernyataan, tetapi merupakan preprocessor directive. Baris tersebut menginstruksikan kepada compiler yang menyisipkan file lain dalam hal ini file yang berakhiran .h (file.header) yaitu file yang berisi sebagai deklarasi contohnya:
# include <iostream.h>       : diperlukan pada program yang melibatkan objek cout
# include <conio.h>             : diperlukan bila melibatkan clrscr(), yaitu perintah untuk membersihkan layar.
# include <iomanip.h>        : diperlukan bila melibatkan setw() yang bermanfaat untuk mengatur lebar dari suatu tampilan data.

2.              Fungsi main ()
Fungsi ini menjadi awal dan akhir eksekusi program C++. Main adalah nama judul fungsi. Melihat bentuk seperti itu dapat kita ambil kesimpulan bahwa batang tubuh program utama berada didalam fungsi main(). Berarti dalam setiap pembuatan program utama kita menuliskan program utama kita didalam sebuah fungsi main().

3.              Komentar
Komentar tidak pernah decompile oleh compiler. Dalam C++ terdapat 2 jenis komentar, yaitu ;
Jenis 1 : /* Komentar anda diletakkan di dalam ini Bisa mengapit lebih dari satu baris */
Jenis 2 : // Komentar anda diletakkan disini (hanya bisa perbaris)

4.              Tanda Semicolon
Tanda semicolon “ ; ” digunakan untuk mengakhiri sebuah pernyataan. Setiap pernyataan harus diakhiri dengan sebuah tanda semicolon.

5.              Mengenal cout (dibaca : Cout)
Pernyataan cout merupakan sebuah objek di dalam C++, yang digunakan untuk mengarahkan data ke dalam standar output (cetak pada layar)
Contoh :
Tanda “ << ” merupakan sebuah operator yang disebut operator “penyisipan/peletakan”

Contoh Program :

#include <stdio.h>

void main()
{
            puts("Hello world!");
}
                         output :

POKOK BAHASAN 2
STRUKTUR PEMROGRAMAN PERCABANGAN

Percabangan adalah cara yang digunakan dalam program untuk mengambil keputusan ke satu kemungkinan True atau False dari beberapa kondisi.

Didalam pemrograman kita harus dapat menentukan aksi apa yang harus dikerjakan oleh pemroses (processor) ketika sebuah kondisi terpenuhi, dengan menggunakan operasi logik.

Macam-macam Percabangan :

1. If-else

Pernyataan Percabangan If-Else digunakan untuk memecahkan persoalan untuk mengambil suatu keputusan diantara banyak pernyataan yang ada.
Statement if digunakan untuk melakukan proses percabangan di dalam program.

2. Switch-case

Bentuk dari switch – case merupakan pernyataan yang dirancangan khusus untuk menangani pengambilan
 keputusan yang melibatkan sejumlah atau banyak alternatif penyelesaian.

contoh program :

#include<iostream.h>
main()
{
            int N;
            cout<<"Masukkan nilai(0 s/d 100) = ";
            cin>>N;
            if(N>=60)
                        cout<<"Lulus"<<endl;
                        else if(N<60)
                        cout<<"Tidak Lulus"<<endl;
}

                      output :



POKOK BAHASAN 3
STRUKTUR PEMROGRAMAN : LOMPATAN & KALANG

          Sebuah / kelompok instruksi diulang untuk jumlah pengulangan tertentu. Baik yang terdifinisikan pengulangan sebelumnya ataupun tidak.

Struktur pengulangan terdiri atas dua bagian :

1.              Kondisi pengulangan yaitu ekspresi Boolean yang harus dipenuhi untuk melaksanakan pengulangan.
2.              Isi atau badan pengulangan yaitu satu atau lebih pernyataan (aksi) yang akan diulang.
Perintah atau notasi dalam struktur pengulangan adalah :
1.              Pernyataan while
2.              Pernyataan do… while
3.              Pernyataan for
4.              Pernyataan continue dan break
5.              Pernyataan goto

1.              PERNYATAAN  while
Pernyataan while merupakan salah satu pernyataan yang berguna untuk memproses suatu pernyataan atau beberapa pernyataan beberapa kali. Pernyataan while memungkinkan statemen-statemen yang ada didalamnya tidak diakukan sama sekali.
Bentuk Umumnya :
          While(kondisi)
{
          Pernyataan ;
}


2.              PERNYATAAN do…while
Pernyataan do…while mirip seperti pernyataan while, hnya saja pada do… while prnyataan yang terdapat didalamnya minimal akan sekali dieksekusi.

          Bentuk umumnya :
                      do
                      {
                                  Pernyataan
                      } while(kondisi);
3.              PERNYATAAN for
Pernyataan for digunakan untuk menghasilkan pengulangan (looping) beberapa kali tanpa penggunaan kondisi apapun. Pada umumnya looping yag dilakukan oleh for telah diketahui batas awal, syarat looping dan perubahannya.
Pernyataan for digunakan untuk melakukan looping. Pada umumnya looping yang dilakukan oleh for telah diketahui batas awal, syarat looping dan perubahannya. Selama kondisi terpenuhi, maka pernyataan akan terus dieksekusi.

Bentuk Umumnya :
          for(inisialisasi ; kondisi ; perubahan)
          {
                      Statement;
}

4.              PERNYATAAN continue dan break
Pernyataan break akan selalu terlihat digunakan bla menggunakan pernyataan switch. Pernyataan ini juga digunkan dalam loop. Bila pernyataan ini dieksekusi, maka akan mengakhiri loop dan akan menghentikan itrasi pada saat tersebut.

5.              PERNYATAAN goto
Penytaan goto, diperlukan untuk melakukan suatu lompatan ke suatu pernyataan berlabel yang ditandai dengan tanda” : “.

Bentuk umumnya:

          Go to bawah;
                      Pernyataan1;
                      Pernyataan2;
          bawah : pernyataan3;

contoh program :

#include <iostream.h>
#include <conio.h>

main()
{
            char nama[80];
            int tombol;
            while ((tombol == 'Y')||(tombol == 'y'));
            {
                        cout<<"Masukkan nama anda = ";
                        cin>>nama;

                        cout<<"Hai "<<nama<<endl<<endl;
                        cout<<"Apakah mau mengulangi (Y/T) ? ";
           
                        tombol = getch(); cin>>tombol;
                        cout<<endl<<endl;
            }
            cout<<"Selesai"<<endl;
}

output :


POKOK BAHASAN 4
STRUKTUR PEMROGRAMAN : KALANG

#include<iostream>
using namespace std;
main()
{
            int i=0;
            cout<<i;
            do{
                        i++;
                        cout<<"-";
                         if (i==4)
                         continue;
                        cout<<i;
            }
            while(i<12);
            cout<<"\nSelesai\n";
}
                                
                            output :


Apa fungsi simbol // ?
Simbol // berfungsi sebagai komentar dalam program/ keterangan

Apa fungsi dari keyword break ?
Break berfungsi mengeluarkan eksekusi compiler dari struktur program setelah suatu kondisi tertentu dipenuhi

Apa fungsi dari continue ?
Continue berfungsi melanjutkan eksekusi compiler ke blok selanjutnya setelah suatu kondisi tertentu dipenuhi.

Apa guna dari fungsi setprecision() ?
Setprecision() merupakan suatu fungsi manipulator yang digunakan untuk mengatur jumlah digit decimal yang ingin ditampilkan.

Apa beda ios::fixed dan ios::scientific ?
ios::fixed dan ios::scientific mempunyai fungsi yang sama yaitu format bilangan riil akan tetap dapat diubah dengan memanggil fungsi set atau unset diikuti argument ios::scientific atau ios::fixed

Apa fungsi dari fabs() ?
fabs() berfungsi untuk menghitung nilai mutlak dari x; x bilangan real



POKOK BAHASAN 5
VARIABEL LARIK : MATRIKS & STRINGS

#include<stdio.h>
#include<iostream>
#include<string.h>
using namespace std;
main()
{
      char nama[80], nama2[80], tulisan[80];
      int panjang, posisi;
      cout<<"Input nama = ";
      gets(nama);
      strcpy(tulisan,"Hallo   ");
      cout<<strcat(tulisan,nama)<<endl;
      if(strcmp(nama,"Reza")==0){
                  cout<<"Namamu Reza kan"<<endl;
      }
      else{
                  cout<<"Namamu bukan Reza"<<endl;
      }
      panjang=strlen(nama);
      cout<<"panjang namamu        "<<panjang<<endl;
      posisi=strcspn(nama,"z");
      if(posisi<panjang){
                  cout<<"Huruf z pada posisi "<<posisi<<endl;
      }
      else{
                  cout<<"Tidak ada huruf z nya"<<endl;
      }
      strcpy(nama2,nama);
      cout<<strupr(nama2)<<endl;
      cout<<strlwr(nama2)<<endl;
      cout<<strrev(nama2)<<endl;
      cout<<strset(nama2,'x')<<endl;

}

                              output :


Jalankan program diatas dan jelaskan kegunaan dari fungsi berikut ini: strlen(), strcpy(), strcat(), strcmp(), srtlen(), strcspn(), strupn(), strlwr(), strrev(), dan strset().
1.      Strlen() : bentuk format strlen (const char*s), fungsinya untuk menghitung panjang string s
2.      Strcpy() : bentuk format strcpy(char*dest, const char*src), fungsinya untuk mencopy string src ke dest.
3.  Strcat() : bentuk format strcat (char*dest, const char*src), fungsinya untuk menambahkan copyan src ke bagian akhir dest.
4.   Strcmp() : bentuk format strcmp (const char*s1, const char*s2), fungsinya untuk melakukan perbandingan s1 dengan s2.
5.    Strcspn() : bentuk format strcspn (const char*s1, const char*s2), fungsinya untuk menemukan bagian awal string s1 yang mengandung s2.
6.      Strupr() : bentuk format strupr (const char*s), fungsinya untuk mengubah string menjadi huruf CAPITAL (uppercase).
7.     Strlwr() : bentuk format strlwr (const char*s), fungsinya unruk mengubah string menjadi huruf biasa/kecil (lowercase).
8.   Strset() : bentuk format strset (const char*s, int ch), fungsinya untuk menset semua karakter dalam s ke ch
     9.   Strrev() : bentuk format strrev (const char*s), fungsinya untuk membalik semua karakter                     string, huruf terakhir menjadi huruf awal.


POKOK BAHASAN 6
SORTING (PENGURUTAN)

Pengertian Algoritma Sorting adalah kumpulan langkah sistematis atau secara berutan untuk memperoleh hasil yang diinginkan.

Salah satu contoh dari algoritma untuk langkah ini adalah Sorting (pengurutan). Sorting dapat didefinisikan sebagai pengurutan sejumlah data berdasarkan nilai tertentu.
Pengurutan dapat dilakukan dari nilai terkecil ke nilai terbesar (ascending) atau sebaliknya.

contoh program :

#include<iostream>
#include<math.h>
using namespace std;
            int N;
            float jumlah, rerata, peny, stdrdev, data[100];
int Masukkan_Data(){
            cout<<"Banyaknya nilai = ";
            cin>>N;
            for( int i=0; i<N; i++){
                        cout<<"Nilai ke- "<<(i+1)<<"=";
                        cin>>data[i];
            }
}
int Menghitung_Rerata(){
            jumlah=0;
            for( int i=0; i<N; i++){
                        jumlah=jumlah+data[i];
            }

            rerata=jumlah/N;
}
int Menghitung_Standar_Deviasi(){
            peny=0;
            for( int i=0; i<N; i++){
                        peny += (data[i]-rerata)*(data[i]-rerata);
            }
            stdrdev=sqrt(peny/(N-1));
}
int Tampilkan_Hasil(){
            cout<<"Jumlah = "<<jumlah<<endl;
            cout<<"Rerata = "<<rerata<<endl;
            cout<<"Standar Deviasi = "<<stdrdev<<endl;
}
main(){
            Masukkan_Data();
            Menghitung_Rerata();
            Menghitung_Standar_Deviasi();
            Tampilkan_Hasil();
}

                    output :

          Di atas adalah penjelasan atau rangkuman dari tiap - tiap pokok bahasan untuk Tugas Praktikum Algoritma dan Pemrograman, sekian dari aku terima kasih atas perhatiannya. BUBAYYYYYYY...:))))

Wassalamualaikum Wr. Wb. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RANGKUMAN PRAKTIKUM PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK

                                                                                                             POKOK BAHASAN 1 ELEMEN DASAR JA...